Review Belanja AC di Toko Selka ID lewat Tokopedia

 Bulan April 2021, Jakarta Utara mulai memunculkan karakter aslinya....panas cuacanya.  Pas kebetulan AC di ruang tidur rusak, dan memang usianya juga sudah tua dan sering disentuh tukang service AC. Jadi kita putuskan untuk beli baru saja dech. 


Awalnya sudah cek ke Elektronic City di Mall Artha Gading, dan AC Low Watt Panasonic udah kena 5 juta ke atas. Jadi pingin coba beli di toko Online, dan memang di Tokopedia ternyata banyak pemain besar toko AC. Toko Official Store d Tokopedia ada Selka.ID dan  Captain Air Conditioning. Akhirnya saya coba putuskan untuk order AC di Selka.ID dengan pertimbangan koleksi banyak, kemudian biaya pemasangan juga jelas dan ada opsi kualitas pipa AC yang ternyata itu ada 3 kualitas dari sisi tebal pipa. Ini jadi pengetahuan baru. 

Akhirnya saya browsing dan menentukan merek favorite saya untuk produk elektronik yaitu Panasonic. Saya putuskan untuk cari AC Low Watt 1/2PK, detailnya AC Panasonic CS-XN5WJK karena daya listrik di rumah terbatas dan dipakai kamar saja. Kenapa saya tidak coba tipe Inverter? kenapa Low Watt? nah itu nanti kita bahas di tulisan lainnya ya.


Ok Akhirnya saya masukan ke keranjang ditambah lagi dengan tambahan biaya yaitu  biaya bongkar AC lama 1/2-1 PK Rp 100,000 dan biaya tambahan untuk merubah paket pemasangan yang awalnya diberikan pipa AC sepanjang 3 M dan kualitas standard ke panjang 5 Meter dengan kualitas Premium (0.6mm), dan itu senilai Rp 200,000. Kemudian untuk biaya antar barang digunakan kurir dari Toko, untuk pengiriman ke Jakarta hanya Rp 50,000. Juga ternyata SelkaID juga menawarkan mau membeli AC Indoor dan Outdoor lama seniai Rp 300,000. Wah lumayan kan, biar tidak report juga.


Ok jadi saya Order Tgl 5 April 2021 dan langsung bayar. Setelah itu sambil berharap 3 hari pasti sudah terkirim barangnya dan hari ke-4 atau 5 sudah dipasang dan menikmati dinginnya AC. Tapi ternyata tgl 8 April belum bisa sampai dan akhirnya saya chat via Tokopedia, dan dijawab pengiriman 2-4 hari. Ok saya tunggu besoknya saja. Akhirnya saya coba chat lagi pada 9-April-2021 untuk menayakan kembali dan meminta kepastian hari ini barang harus sudah dikirim ke rumah. 

Akhirnya....ada balasan chatnya, tapi sayangnya bukan berita baik....tapi Zonk. Adminnya kabarin

 "selamat pagi kak Swastika Andi, mohon maaf sebelumnya. harusnya orderannya kakak masuk pengiriman hr ini, namun saat mau ambil barang di gudang kami dapat info dari purchase ada miskom , ternyata barangnya minus di gudang masih dalam orderan kembali ke panasonic yg estimasi barang masuk kegudang kami tgl 12-14 , hari kerja berikutnya setelah barang masuk ke kami baru bisa dikirim kan kak


What.....tahu barang kosong setelah 4 hari? masuk akal? ya kalau saya jadi Bos Selka.ID kasih SP tuh karyawannya. Saya juga punya toko online walaupun tidak segede Selka.ID, setiap ada Order pastilah saya akan tanya ke orang rumah, eh barang ini masih ada tidak? sesimple itu loh. Kalau sekelas Selka kan data order dimasukan ke sistem mereka, langsung dong kelihatan masih ready atau tidak. Nah ini SelkaID butuh 4 hari dan itupun setelah customer ingatkan di chat di Tokopedianya.

Ya sudah, mereka kasih solusi mundur ke 12-14 April, ya saya lebih pilih ajukan komplain ke sistem Tokopedia berharap dibatalin transaksinya, dan saya juga jawab ke admin chat Selka ID, saya lebih milih batal. Besok saya bisa cuss ke toko offline saja kayaknya. Walaupun saya tahu kalau kejadian seperti ini di toko offline ya, akan lebih gigit jari lagi. Makanya mau pilih toko besar seperti Elektronic City saja yang dekat dengan rumah.

Nah jadi kesimpulannya, ya tidak semua Official Store itu profesional untuk memanjakan konsumennya. Untuk beli elektronik online, sering-seringlah chat ke penjualnya, nggak usah takut merepotkan....toh mereka digaji buat layanin konsumen dengan duduk manis depan komputer kok. Beli online juga musti baca komentar ya, saya kali ini zonk nih, karena komentar dan ranking SelkaID cukup bagus. Tetapi supaya fair, makanya saya tulis di blog ini, termasuk di Google juga ya, sebagai tanggung jawab moral saya, memberitakan kebenaran dan tentunya kerugian saya dengan waktu tunggu tidak sesuai dijanjikan penjual. 

Selamat berbelanja, jangan lupa Money Management ya...hemat hemat mau Lebaran.


Komentar