Tiang Kecil Trotoar (Bollards) di Tebet, berfungsi kah?

Pagi ini ada pemandangan yang berbeda dengan trotoar antara stasiun Tebet sampai dengan ujung pertigaan SMP N 115 Jakarta Selatan. Ada tiang-tiang kecil yang tertancap di trotar atau bahasa kerennya Bollards. Fungsi tiang trotoar ini menurut saya untuk menjaga trotar tidak dilewati kendaraan baik roda 2 sampai dengan roda 4, termasuk gerobak-gerobak yang mau jualan di atas trotoar. 

Masyarakat kita kan masih rendah kesadaran untuk menjaga fasilitas umum, khususnya trotoar ini. Tapi kalau lihat foto dibawah ini, miris juga melihat kondisi di trotar Tebet ini. Masih ada Motor yang naik ke trotoar dan pedagang masih berdagang di atasnya. Kemungkinan ada turunan trotoar di setiap jalan masuk ruko/resto makan yang dipakai untuk memudahkan naik ke trotoar.

Perlu diketahui, kalau pihak Satpol PP dan Dishub tiap pagi menyisir kawasan ini untuk meminta pedagang tidak jualan di trotor. Pedagang juga pinter, mereka akan merapat ke ruko ruko yang masih ada halaman kosong sekedar untuk menghindari Satpol PP yang memastikan tidak jualan di trotoar. Sedangkan Dishub mengatur lalu lintas yang semrawut saat pagi dimana banyak pekerja yang turun di Stasiun Tebet ingin melanjutkan ke arah Kasablanka, Kuningan maupun Sudirman, baik dengan Busway, Angkot, Ojek Pangkalan maupun Ojek Online. Termasuk yang suka melawan arus, nah ini yang memang menjengkelkan.

Komentar