Pesimis Mourinho bisa bikin Tottenham Hotspur menang terus

Lihat berita semalam dimana Tottenham Hotspur menang 3-2 versus  AFC Bournemouth, berarti sudah 3 kali menang sejak ditangani pelatih baru Mourinho. Saya pikir 3 kali kemenangan belum cukup membuktikan pelatih baru sangat jago meracik strategi. Kemengan tipis membuktikan pertahanan Spurs mudah ditembus juga sehingga ketika ketemu team dengan penyerang handal, bisa jadi kewalahan lagi.

Apakah peran Mourinho besar di Spurs? Menurut saya sih jelas pengaruh, dengan nama populer sebagai pemain yang dilatihnya akan lebih pede bermain bolanya. Tapi ingat, sejarah membuktikan bahwa Mourinho sering jatuh disaat ada konflik di internal mereka, entah dengan pemain dan management. 

Sifat emosionalnya kadang membuat bumerang sendiri. Kita tahu banyak kasus-kasus di depan kamera dimana tindakan tidak terpujinya tertangkap camera. Jika ini terjadi, pastikan diantara banyak pemainnya akan ada yang tidak suka, dan jika itu terus terjadi, bisa jadi pemain yang masa bodoh akan keracunan dengan pemain yang sebelumnya tidak suka atau berbeda pandangan. Alhasil pemain seperti tidak punya leader yang bijak untuk diikuti perintahnya, karena kepercayaan berkurang.

Jadi menurut saya, Mourinho pelatih hebat, tetapi leadership-nya harus ditingkatkan supaya pemainnya bisa menaruh kepercayaan untuk kajayaan club-nya Tottenham Hotsput.

Jadi kita lihat saja kelanjutan English Premier League (EPL) sampai akhir ya.

Komentar