Awas Usus Mengandung Formalin

Kasus makanan berformalin sering kita dengar. Berita makanan mengandung formalin ini timbul tenggelam di media cetak maupun elektronik. Dulu kita pernah dengan ikan laut yang mengandung formalin, bakso, otak-otak, daging, semua mengandung formalin. Polisi sering diberitakan bertindak, tetapi pedagang tetap saja tidak jera. Keungtungan berlipat yang ada di benak oknum pedagang tersebut, tidak ada tersirat peduli terhadap kesehatan konsumennya.

Akhir-akhir ini Kompas (26/11/2010) memberitakan polisi menemukan pedagang/pengusaha usus ayam yang mengandung formalin. Ditempat tersebut ditemukan 650 kg usus mengandung formalin yang siap dipasarkan, beserta 350 kg usus yang sedang dicampur formalin dan 100 kg usus sedang dalam proses pencampuran dengan formalin. Satu hari mereka bisa menjual sebanyak 500 kg usus dengan harga Rp 7.500,- per kg. Usus-usus tersebut biasanya dibeli oleh pedagang bubur ayam, pedagang sate usus, dan pengusaha warung makan.

Usus yang mengandung formalin bisanya berwarna pucat, lalat pun tidak mau hinggap di atasnya, teksturnya kenyal mirip jelly, tidak berbau amis/anyir! Jika usus mengandung formalin ini dimakan manusia maka bisa mengakibatkan penyakit gagal ginjal, gagal hati, dan gagal pankreas. Nah sebaiknya pikirkan dulu makan usus, toh walaupun enak, usus juga tidak sehat untuk dimakan. Tetapi jika hobby, maka sebaiknya pilih usus yang segar dan goreng sendiri, jika beli yang sudah matang…tidak dijamin organ tubuh Anda akan awet seperti mayat….!

Komentar