Calender Google untuk Catatan Harian

Sudah jadi kelemahan kita bahwa kita bangsa malas mencatat. Mencatat itu manfaatnya besar sekali, baik secara langsung maupun tidak. Orang jaman dulu yang rajin mencatat [baik di kertas atau batu] telah membuktikan bahwa karya mereka menjadi jejak sejarah yang tidak terlupakan sepanjang masa. Saya yakin mereka punya angan-angan yang simple supaya yang terjadi sekarang bisa dimengerti oleh generasi masa depan.

Nah dari sini, sudah saatnya kita lebih kreatif dalam mencatat. Dijaman teknologi yang berkembang melesat, jelas media mencatat tidak sulit dicari. Salah satunya adalah media online. Media online mempunyai keuntungan bisa diakses dimana saja dengan tingkat security yang makin ketat artinya susah ditembus orang yang tidak berhak. Salah satu media untuk mencatat aktivitas kita adalah Calendar Google, yang merupakan fasilitas pengguna produk Google terutama email Gmail. Calender google sangat mudah dijalankan asalkan ada akses internet.

Caranya sangat mudah, Anda login dulu di email Gmail Anda. Nah jika sudah maka di atas halaman email gmail terdapat menu Calender, nah klik saja. Anda langsung diberikan sebuah halaman seperti layar Excel dimana baris merupakan waktu dan kolom adalah hari/tanggal. Sebenarnya tampilan ini bisa dirubah dengan klik tombol di kanan atas (Day, Week, Month,  4Days). Ok sementara tidak usah klik tombol tersebut. Untuk memasukan kejadian, atau catatan harian tinggal klik sesuai hari dan jam (lihat kolom dan baris), klik salah satu sel dan langsung muncul window kecil yang terdiri dari satu kotak kecil dengan teks What:. Nah isi saja kotak kecil ini dengan catatan Anda dan setelah selesai maka tekan tombol key Enter, dan selesai. Mudah bukan? Sebenarnya yang bisa pakai Microsoft Outlook hal ini sudah biasa, tetapi kelebihan Calender Online bisa dibuka dimana saja dengan komputer siapa saja. Buat yang suka Mobile hal ini sangat cocok sekali.

Selamat mencoba

Komentar