Kadal Duri Mirip Buaya yang Jinak

Dari jalan-jalan iseng melihat binatang-binatang yang dijual di Mall Of Indonesia (MOI), saya menjumpai binatang kadal tetapi mirip buaya, yang tubuhnya kecil. Sekilas seperti mainan karena badan mengkilap, diam seperti patung tetapi mata bulat menatap kosong. Ternyata nama kerennya adalah Crocodile Skinks dengan nama latinnya Tribolonotus Gracilis atau nama indonesianya Kadal Duri Mata Merah.
Walaupun terlihat menakutkan, ternyata jinak menurut pemiliknya. Binantang ini ternyata berasal dari Kepulauan Papua New Guinea (tetanggaan dengan Irian Jaya). Ukurannya bisa mencapai panjang 25cm dan usia mencapai 10 tahun. Binatang yang berkembangbiak dengan bertelur ini, setiap harinya bisa makan jangkrik, cacing dan serangga. Kadal ini butuh tempat tinggal dengan kelembaban tinggi, menurut penjualnya 70% air dan 30% tempat kering (darat). Jadi kadal ini bisa dikembangbiakan di kaca aquarium biasa, toh kadal yang aktive di malam hari ini ternyata tidak bisa memanjat kaca. Jangan coba-coba melepaskan di tanah, kalau kamu bukan pelari yang lincah, karena kadal ini pasti lari kesana-kemari.

Jadi bagi siapa yang hobby memelihara reptil, Kadal duri ini bisa jadi pilihan yang mengasyikkan. Selamat memelihara binatang!

Komentar