Mengeringkan Kacang Goreng dengan Mesin Cuci

Pak Eko Susilo adalah salah satu pengusaha kecil dengan produk umumnya dari kacang. Bapak ini mungkin salah satu pengusaha yang tekun dan tidak pernah berhenti berpikir supaya produknya bermutu, disukai konsumen dan tentunya kerjanya efektif. Mungkin kita tahu bahwa kacang goreng jika diangkat dari wajan, umumnya masih berminyak. Kadang kita tiriskan dengan cara sederhana, diangin-anginkan supaya minyaknya hilang sendirinya, tetapi cara ini sangat tidak efektif. Sedangkan minyak yang masih menempel di kacang goreng umumnya membuat kacang mudah apek atau tidak tahan lama. Kalau buat rumahan, mungkin tidak bermasalah; tetapi untuk skala usaha hal ini sangat tidak baik bagi pemasaran produk kacang tersebut.

Tetapi Pak Eko tidak hilang akal, sampai dia mencoba cara yang nekat dan nyleneh. Mesin cuci istrinya dia pakai untuk percobaan. Dia manfaatkan dryer/mesin pengering untuk dicobakan untuk mengeringkan kacang. Benar saja, minyak dalam kacang langsung terpisah dalam waktu cuma 1 menit saja. Tetapi jelas istrinya mencak-mencak karena kenekatan suaminya. Walaupun kagum dengan temuan suaminya, tetap saja istrinya menggerutu, karena mesin cucinya akhirnya rusak karena kacang yang dimasukan masih panas. Sehingga Pak Susilo harus mengakalinya dengan melapisi dinding mesin pengering dengan seng supaya plastiknya tidak rusak.

Dari sini, kita bisa belajar dari kreativitas Pak Susilo. Tidak perlu membeli mesin-mesin yang mahal padahal disekitar kita sudah banyak barang yang bisa dimanfaatkan.

Sumber: Kompas, 2/8/2010

Komentar

  1. waaaoooowwwwww.... keren bgt tuch pak eko.... saluuutttttt..... tp gmn ngatasin istrinya ya hahahahahahhaha........

    BalasHapus
  2. makasih gan infonya mudah2an bisa koment dilain kesempatan

    BalasHapus
  3. maaf ya, izin mengcopy gambar

    BalasHapus

Posting Komentar