Petani Menemukan Cara Budidaya Singkong Raksasa

Sunday, May 23, 2010

Harian Kompas (23/5/2010) mengabarkan seorang petani di Bayumas, Bpk Tumarjo berhasil membudidayakan singkong raksasa. Dimana setiap pohon bisa menghasilkan 1.5 kuintal singkong, pastilah untuk panennya tidak bisa dicabut seperti singkong umumnya, mungkin harus digali.

Menariknya, temuan budidaya singkong ini diperoleh oleh seorang petani saja bukan seorang peneliti pertanian. Padahal cara yang dilakukan sangat sederhana, yaitu dengan teknik penyambungan (grafting). Batang bawah (yang akan menghasilkan singkong) menggunakan singkong jenis gatot kaca yang ubinya bulat-bulat, sedangkan batang atas menggunakan singkong karet.

Teknik yang sederhana ini wajar ditemukan oleh seorang petani, terus bagaimana dengan penelitian para peneliti pertanian dengan biaya yang besar? apakah karena singkong bukan tanaman yang menjanjikan? entahlah...yang jelas Kepala Dinas Pertanian tertarik untuk mengembangkan budidaya singkong ini, karena singkong ini potensial sebagai bahan baku bioetanol.

Kita lihat saja kedepan, kalau teknik ini berhasil sepantasnya pemerintah bersedia memberikan penghargaan kepada Bpk Tumarjo.

Sumber Gambar: Kompas epaper (epaper.kompas.com)

3 comments:

romita said...

Alkhamdulillah dengan tekhnik sederhana bisa menghasilkan yang luar biasa. Mohon informasi alamat petani yang menemukan untuk bisa pesan bibitnya. Terima kasih. mochammadromdhon@yahoo.com dg hp.081315308499

PAPKI Incasindo said...

seneng bgt ada temuan baru mengenai singkong yg luar biasa Ini...mohon info dunk, dimana saya bisa mendapatkan bibitnya? tQ (cibo.team2010@gmail.com atau sms ke 082133084115)

sukses selalu y.

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Ngopi Dulu Yuk!