Prinsip Utama Memiliki Motor

Saya sudah lebih 5 tahun pakai motor untuk merambah belantara Ibu Kota yang macet, kotor, tetapi tetap mengasyikkan. Saya belum pernah ganti motor semenjak itu, tetap si Risma (Honda Karisma) yang menemaniku. Sekarang saya baru bisa merasakan, sebenarnya punya motor itu harus punya prinsip dasar supaya kita selamat di jalan dan motorpun betah sama kita.


Prinsip dasar utama yang harus Anda ingat adalah punya motor itu yang penting performa motor dalam arti tidak pernah mogok baik kondisi panas maupun hujan. Bagaimana dengan speed...kecepatan....kadang-kadang kita ingin tunjukan keperkasaan motor dengan ngebut di jalanan. Memang awal saya punya motor, pingin aja lari diatas 60 km/jam...toh motor baru ini. Tapi ternyata saya pikir-pikir bukan itu sebenarnya kenikmatan dalam bermotor...tetap saja kenikmatannya adalah motor tidak mogok sampai ketemu anak-istri di rumah. Apalagi di Jakarta, ngebut belum berarti cepat sampai tujuan...lampu merah ada dimana-mana yang menjadi penghalang untuk terus-terusan ngebut.

Kenapa Tidak Gonta-Ganti Motor?
Nah ini sepertinya anggapan sebagian masyarakat kita, didukung mudahnya (bukan murahnya) mendapatkan motor baru seperti keinginan orang untuk pamer barang baru akan kesampaian. Tetapi sebenarnya kebiasaan ini termasuk pemborosan, motor seken pasti harganya jatuh, untuk beli baru dia harus siapkan uang lebih banyak. Sedangkan kalau kita punya motor kemudian kita rajin service berkala, maka hasilnya motor kita akan sehat selalu....yaitu balik ke prinsip dasar tadi...tidak mogok...tidak rewel di jalan. Mungkin jika motor sudah berumur 10 tahun, boleh saja dipertimbangkan untuk ganti baru. Tenang saja...jangan buru-buru ganti motor...apalagi pabrik motor tidak pernah tidur....model-model baru dan lebih janggih akan keluar mengikuti perkembangan jaman.

Jadi ada saatnya kita harus menge-rem keinginanan berlebih motor kita...yang penting bisa sampai dirumah dengan aman.

Komentar