Pengalaman Menarik dengan Pengusaha Batik Muda


Sewaktu saya main ke Pusat Grosir Solo (PGS), saya tidak berniat beli Batik, tapi ujung-ujungnya beli juga. Bukan karena kebujuk rayu pedagang batik tetapi karena saya ingin membeli sesuatu yang membuat saya bisa mengenang pengalaman yang menarik dalam hidup saya.

Ceritanya saya dan kakak muter-muter PGS untuk lihat batik yang berbeda dengan batik biasa....berbeda seperti apa? yach pokoknya saya punya imajinasi sendiri untuk menilai sebuah batik itu berbeda. Dan benar...blink...saya lihat kemeja batik yang memang beda dan baru saya lihat kali ini. Kemeja gaul dengan kombinasi kain batik dan kain kemeja biasa yang motif garis-garis.

Setelah itu kami dilayani SPG-nya, ternyata untuk ukuran yang gede (kami memang gendut-gendut) tidak tersedia. Tapi bisa dipesan, dan kami ketemu seorang muda pemilik toko tersebut. Dengan ramahnya (khas orang Solo) dia nerangin ke kita ngalor-ngidul. Ternyata dia design model ini baru seminggu, malah belum ada lebel mereknya karena belum sempat. Tetapi Mas Tom (panggilan pemilik toko) dengan bangganya & pedenya menunjukan model baju batik perempuan yang sudah ada lebel dengan merek "Tom-Tom" dan dibawahnya tertulis "www.tom.com".

Saya langsung ngakak....Mas Tom bingung..."Kenapa Mas, keren nggak....aku sengojo kasih www biar merek ini kesannya lebih keren terkenal"
Saya ngomong sama Mas Tom, "Mas, boleh jujur nggak?, kalau orang lihat lebel ini dan lihat www itu, orang ngerti internet pasti pada ngakak...nganggap lebel ini ono-ono wae"
"Kok bisa Mas Andi?" Mas Tom jadi penasaran.
"Mas Tom, buat nama www ini nggak sembarangan...palagi nama Tom.com pasti udah ada yang punya sejak internet lahir....! Lha nanti kalau orang lihat www ini, yang keluar ternyata merek kolor bukan batik...kan tambah kisruh toh!"
"Wah...gitu to Mas, saya memang nggak tahu internet...tapi sering baca ada www dimana-mana...kesannya keren Mas, jadi aku cantumin aja www yang pas buat batikku ini. Wah piye to ki, aku udah cetak banyak je"


Dan akhirnya kita bisa akrab karena Mas Tom tidak tersinggung dan sepertinya dia sangat senang dengan masukan-masukan tentang produk dia termasuk keterangan saya tentang internet, jualan di internet dan termasuk domain. Akhirnya saya beli salah satu kolekasi dia yang modelnya termasuk bagus dan pas dengan ukuran bodyku dan harganya murah (karena saya tahu bahannya kurang bagus). Tetapi yang penting saya punya cerita yang menarik dari baju itu. Mas Tom...(entah bisa baca ini atau tidak) terus berkarya...terus berinovasi untuk membuat batik lebih bisa dipakai oleh banyak orang.

Untuk yang mau beli baju batik seperti yang saya pakai, bisa mampir ke Toko Gadis, Lt. Dasar Pusat Grosir Solo.

Komentar