Nokia Belum Terkalahkan oleh Blackberry

The Nokia E71 vs the Blackberry 8900 JavelinImage by Urban Mixer via Flickr

Saat ini banyak sekali orang beranggapan ponsel nokia sudah tertinggal di bandingkan blackberry (BB). Tetapi kenyataannya, nokia masih merajai pasar ponsel di Indonesia (menurut detikcom). Nokia main di semua segmen konsumen ponsel mulai kelas bawah sampai kelas atas. Sedangkan BB hanya main di kelas atas saja, sehingga sepertinya penjualan BB tetap masih dibawah Nokia. Tetapi menurut konsultan marketing MarkPlus, dengan keluarnya BB Gemini dengan harga 3 jutaan saat ini maka nokia musti hati-hati dalam menjaga pangsa pasarnya. Seperti iklan-iklan BB gemini (BB Curve 8520) untuk nasabah Bank Mandiri yang memberikan diskon sampai 700 ribu rupiah, sepertinya akan membuat penjualan BB gemini ini akan laris di pasar menengah ini.

Tetapi beradasarkan pengamatan di toko-toko ponsel ternyata penjualan BB Gemini dengan garansi distributor (toko) ternyata tidak selaris BB Bold & Javelin. Harganya makin menurun saja dari 3.6 juta menjadi 3.3 juta (detiknet).

Tetapi menurut saya Pribadi, operating system BB tidak se-user friendly Symbian yang sering digunakan nokia. Setting BB-nya pun juga ternyata lebih ribet dibandingkan dengan Symbian. Untuk kelas bawah dan menengah sepertinya BB belum bisa masuk kelas ini di Indonesia. Sepertinya BB akan kesulitan melawan nokia di kelas bawah dan menengah ini, apalagi dukungan nokia customer care belum bisa ditandingi BB di Indonesia.
Reblog this post [with Zemanta]

Komentar