Bahaya Plastik PVC dan Kresek

Kitsch kitchen  - plastic heavenImage by welovepandas via Flickr

BP POM mengeluarkan himbauan kembali tentang penggunaan plastik untuk membungkus makanan. Banyak sekali plastik yang beredar sebagai pembungkus berbakai macam makanan. Masyarakat sepertinya kurang waspada bahwa plastik mempunyai bahaya tersendiri untuk tubuh manusia. Sosialisasi yang kurang menyebabkan pengetahuan masyarakat tentang jenis-jenis plastik sangat kurang.

Jenis plastik yang berbahaya bagi kesehatan antara lain jenis PVC dng logo segitiga bernomor 3, juga yang bernomor 2 dan 4 termasuk yang berbahaya. Sebelumnya BPPOM pernah mengingatkan tentang bahaya plastik Melamin juga. Dan yang lebih berbahaya adalah plastik kresek yang merupakan hasil daurulang plastik sampah (yang sering dikumpulkan pemulung).

Plastik ini jika bercampur dengan makanan yang mengandung asam, minyak, lemak, alkohol dalam keadaan panas, maka senyawa kimia akan larut didalam makanan. Akibatnya bisa menyebabkan penyakit kangker hati, ginjal, kanker paru dan syaraf.

Jadi jangan sekali-kali membukus makanan dengan kantong kresek atau periksa kembali peralatan plastik dirumah Anda, dan gunakan sesuai keperluan saja. Jika untuk menampung makanan, Anda harus lebih berhati-hati memilih wadah plastik. Biasakan hidup sehat sedini mungkin.

Sumber berita : Media Indonesia

Reblog this post [with Zemanta]

Komentar