Kenapa Beli DVD Bajakan?

Seperti biasa...long weekend lebih mak nyus kalau waktu senggang bisa nonton film. Tapi karena waktu kebanyakan untuk keluarga, jadinya nggak bisa nongkrong di bisokop...yach jadinya DVD rumah salah satu jalannya. Nggak apa-apa lah...toh juga cakram DVD lebih murah jadinya...dibanding bioskop. Tahu kan perbandingannya...1:4...artinya 1 tiket bioskop weekend = 4 film DVD...bajakan tentunya he he he.

Lha...gimana nggak tumbuh subur tuch...DVD di Indonesia...murah sekali! Melanggar hukum...memang sich...tapi lha ini kenyataannya! Berarti saya tidak bisa menghargai karya orang lain...! Menghargai dalam arti apa? Membayar mereka...atau sekedar Mengagumi karya mereka?

Kalau penghargaan maksudnya "membeli" karya mereka atau membayar untuk melihatnya...berarti kita bisa kembalikan barang ini jika kualitasnya jelek dong...nah film bioskop gimana? Berarti yang kita bayar sebenarnya hanya jasa pemutaran film oleh bioskop...bukan filmnya? 

Kalau beli DVD...juga sama...penghargaan dalam bentuk uang bukan dari karya filmnya tetapi kualitas DVD-nya, nah kalau DVD yang jelek mutunya...bisa ditukar dengan yang baru...walaupun kenyataannya kalau rekaman jelek...semua DVD juga jelek...tapi kalau cuma kebaret biasanya DVD lainnya mungkin lebih bagus.

Nah itu lah kenapa Bisnis DVD bajakan bisa subur di sini karena ternyata pelayanan purna jualnya lebih baik dibanding bioskop....ini baru satu sisi lho!


Komentar