Bayar Kartu Kredit di Tokopedia VS Bukalapak, Mana yang menguntungkan?

Saat ini saya punya tagihan Kartu Kredit yang biasanya saya bayar tagihannya via ATM atau Internet Banking BCA, bukan promosi bank ya....ini gara-gara gajian bulanan masuk ke BCA.
Nah mungkin ada yang baru tahu bahwa ternyata di e-commerce ada yang memfasilitasi pembayaran via mereka. Setahu saya baru ada Tokopedia dan Bukalapak saat ini, silahkan jika ada yang tahu lagi bisa comment dibawah ya, supaya lebih memperkaya info ini.

Kalau menurut pengamatan saya yang sudah pernah pakai fasilitas ini, sebenarnya pembayaran kartu kredit via Tokopedia atau Bukalapak ini hanya sekedar meminjam akun mereka untuk membayar ke provider kartu kredit kita. Ya contohnya, saya sebelumnya pakai ATM BCA, ya transaksinya dari BCA langsung ke provider Kartu Kredit. Nah sekarang dari BCA ke Tokopedia/Bukalapak baru ke Provider Kartu Kredit.

Nah terus ngapain repot-repot ya? nanti dulu kadang ada konsumen di Indonesia yang suka ngumpulin receh atau point atau potongan harga/cashback. Nah ini yang ditawarkan Tokopedia dan Bukalapak. Saya termasuk golongan "receh lover" ? tentu iya lah.

Ok saya sekarang mau bandingkan ya, kebetulan mau bayar Kartu Kredit nih di Tgl 29 December, wait saya detailkan tanggalnya karena kadang promosi antar e-commerce kan terus berubah. Ok kita bahas satu-satu

BUKALAPAK
Saya memilih pembayaran via BCA (transfer bank) dan ternyata disini ada biaya Rp 8,000. Dari sini saya tidak coba lanjutkan lagi, karena saya sudah tahu berapa yang akan saya bayar. Dan saya tidak menemukan iming-iming dari Bukalapak, mungkin kalau point pasti ada ya, cuma saya tidak perhatikan berapa point untuk transaksi ini.

TOKOPEDIA   
Kalau Tokopedia ternyata uang Admin lebih tinggi dari Bukalapak, yaitu biaya admin Rp 10,000 (beda 2 ribu). Tapi di Tokopedia ada iming-iming nih di bulan Desember ini, yaitu kita akan dapat Kupon yang bisa kita redeem saat pembelian produk digital lain yaitu beli Pulsa/Paket Data dan PLN maksimal Rp 50 ribu, lumayan ya. Tapi cek dulu iming-iming begini kadang menyesatkan, dan Tokopedia jagonya nich bahasa iming-iming seperti ini. Jadi CCHemat ini sebenarnya cashback ke Ovo Point (Tokopedia partner dengan OVO) sebesar 3% dari Total pembelian Pulsa/Paket Data/PLN dengan maksimal cashback Rp 50 ribu itu tadi.

KESIMPULAN
Kalau kita hanya ingin dapat poin tanpa ada iming-iming lainnya, jelas Bukalapak lebih menguntungkan dibandingkan Tokopedia karena biaya admin lebih murah. Tetapi kalau kebetulan dapat promo iming-iming seperti di Tokopedia, jelas Tokopedia lebih menjanjikan, tetapi kalian harus pinter hitung ya. Ok kan selisih biaya admin kan Rp 2000, maka kalian harus gunakan pembelian Pulsa, Paket Data atau PLN dan mendapatkan cashback lebih dari Rp 2000. Kalau 3%, maka kalau kalian beli Pulsa/Paket Data/PLN Rp 100,000 maka cashback sekitar Rp 3000, ya seribu perak lebih untung ya.
Nah itu ya gambaran singkat penggunaan Tokopedia dan Bukalapak untuk bayar kartu kredit. Silahkan selalu bijak ya, kalau kalian bukan "Receh Lover", sebaiknya via ATM aja ya, tapi kalau sebaliknya, silahkan bijak melihat promo dari setiap E-Commerce.

Komentar