Apem Laweyan, Mak Yus Mas!

Laweyan adalah nama kampung di kota Solo yang lebih dikenal sebagai Kampung Laweyan. Kampung Laweyan terkenal sebagai tempat wisata belanja batik. Tetapi ternyata Kampung Laweyan tidak hanya surganya batik tetapi disini ada kuliner yang menarik yaitu makanan tradisional jawa, Apem.

Apem adalah makanan tradisional yang sering digunakan dalam acara adat. Dulu saya ingat waktu kecil, jika ada hajatan pastilah kue yang disajikan Apem. Termasuk upacara adat di jawa khususnya di Solo, Jogja dan sekitarnya, pastilah apem sebagai symbol makanan untuk dibagikan kepada rakyatnya.
Apem termasuk sebagai kue basah terbuat dari tepung beras dengan rasa manis gurih, karena ada bahan gula pasir dan santan.  Bahan dasar Apem adalah tepung terigu, gula pasir, garam, sedikit tape singkong, dan ragi pengembang. Adonan dicampur dan dikocok dengan mixer kemudian didiamkan semalam. Setelah itu digoreng dengan wajan berbentuk cetakan bulat-bulat, dengan nyala api yang diatur tidak terlalu besar supaya apem tidak cepat gosong, tetapi api juga tidak boleh terlalu kecil supaya apem bisa mengembang.

Nah di Kampung Laweyan ini, Apem ternyata menjadi buah tangan khas selain batik. Sebagai buah tangan, pastilah Apem dibuat dengan variasi rasa selain rasa aslinya, ada tambahan keju, coklat atau kacang mete. Harga apem berkisar dari Rp 2000 sampai Rp 4500, tergantung rasanya. Apem ini ternyata bisa tahan 2-3 hari, jadi sangat cocok untuk dibawa pulang buat keluarga tercinta

Selamat berbelanja Apem.

Komentar