Nama Baik Garuda Landing

Garuda mempunyai prestasi yang baik di bidang penerbangan lokal. Garuda sudah dikenal dengan layanan yang baik bagi penumpang pesawat.Walaupun harga tiket diatas maskapai lokal lainnya, tetapi tempat duduk selalui dipenuhi penumpang.

Kesuksesan Garuda untuk menjadi nomor 1 di Indonesia menunjukan bahwa management sangat solid. Tetapi entah sial dari mana, kemarin jadwal penerbangan Garuda ke berbagai kota kacau balau. Penumpang telantar di Bandara karena ada perubahan sistem monitoring yang baru. Entah kenapa mainan baru managemen Garuda ini tidak melakukan uji coba atau pretest dahulu. GAruda berani gambling dalam melaksanakan sistem baru ini, tanpa ada pretest, akibatnya kondisi yang tidak diinginkan terjadi. Menurut saya, Garuda terlalu pede dengan SDM yang dimiliki bisa melakukan perubahan ini. Tetapi ternyata perhitungan mereka meleset jauh, seolah-olah orang yang ahli di Garuda dibuat bengong dengan kondisi yang memburuk dari sistem tersebut.

Jadi pelajaran dari Garuda yang bisa diambil adalah lakukan planning yang benar dari sebuah sistem. Evaluasi yang mendalam sangat diperlukan untuk mengantisipasi kejadian seperti kemarin.

Komentar