Survei Remaja Indonesia Pernah ML

ladybugsImage by marco sickofgoodbyes via Flickr
Komisi Perlindungan Anak (KPA) melakukan Survei terhadap 4.500 remaja di 12 kota besar seluruh Indonesia, menemukan 93% remaja pernah berciuman, dan 62,7% pernah berhubungan badan, dan 21% remaja telah melakukan oborsi.

Sayang sekali saya baru hanya dapat dari Kompas.com, sedangkan di website resmi KPAI.go.id belum diperoleh informasi jelas survei ini sehingga saya belum tahu metode sampling, definsi remaja, metode pengumpulan data bagaimana benar-benar belum jelas.

Penelitian yang berhubungan dengan sesuatu yang sensitif sangat sulit sekali kecuali dengan pendekatan pribadi yang terus menerus. Walaupun responden sudah diyakinkan bahwa identitasnya dirahasiakan, tetap saja ada informasi yang tidak diinformasikan. Atau bisa juga karena pertanyaannya sangat sensitive, jawabannya akan seolah-olah benar.

Jadi angka tersebut apakah bisa dipertanggungjawabkan? jawabannya tergantung, metode surveinya harus diuji dulu, statistika itu harus ada aturannya, tidak begitu saja dilakukan yang penting dapat datanya. Jadi jika ada informasi lebih lanjut tentang Survei ini maka kita bisa nilai bersama-sama apakah hasil ini benar atau hanya sekedar angka yang tidak bisa menggambarkan keadaan Indonesia.
Reblog this post [with Zemanta]

Komentar