Sisi Menarik Buah Lontar

Taad Gola (Marathi: ताड गोळा)Image by dinesh_valke via Flickr
Melihat pedagang buah lontar sedang sibuk mengupas buah bulet ini, menjadi ide untuk menulis dan mencari tahu tentang buah ini. Buah yang ternyata lebih cocok tumbuh di daerah tandus ini ternyata sudah terkenal di seluruh Indonesia, khususnya Indonesia bagian Timur. Pohon Lontar sebenarnya mirip pohon kelapa dimana semua bagian pohon bisa berguna mulai akar sampai nira-nya.

Nira inilah yang sering orang ambil, katanya minum Nira bisa membuat orang tidak lapar. Satu pohon Lontar bisa mengeluarkan nira sebanyak 6 liter sehari. Air nira ini kalau dimasak akan menjadi minuman tuak, yang cukup murah untuk menghangatkan tubuh atau mabok-mabokan.

Pohon lontarpun ternyata bisa menjadi obat berbagai penyakit. Buah yang tua untuk mengobati penyakit kulit, akar yang muda bisa digunakan untuk melancarkan air seni dan bisa untuk obat cacing. Bunga lontarpun bisa digunakan untuk penyakit lever. Arang batang lontar juga bisa digunakan untuk sakit gigi dan obat kumur-kumur.



Di Jakarta, kita sering menjumpai pedagang buah lontar. Satu buah lontar bisa dihargai Rp. 4500,- dimana setiap buah lontar terdapat 3 daging buah seperti kelapa atau buah rambutan atau kolang kaling. Kasihan juga melihat abang2 penjual yang dengan susah payah mengupas kulit yang tebal ternyata didalamnya kosong. Perjuang hidup yach...demi dapur!
Reblog this post [with Zemanta]

Komentar