Fenomena iPad dan Berkah bagi ebook hunter

Di Amerika, Seton Hill University sudah membekali mahasiswa baru th 2010 dengan Apple iPad dan Macbook 13" (Mashable). Saya yakin banyak Universitas di negara maju lainnya atau minimal mahasiswa akan sering membawa iPad kemana-mana. Indonesia sepertinya akan menjadi salah satu negara di Asia yang penggunanya cukup tinggi apalagi kalau sifat konsumtif dan cenderung maniak gadget terbaru. Ditambah, anak sekarang nggak mau repot maunya simple, nah Ipad-lah jawabannya.

Di sekolah dasar sampai menengah atas, Depdiknas sudah menyediakan buku-buku elektronik yang bisa diunduh gratis. Tapi sayang penerbit dalam negeri masih ogah membuat ebook buku cetakannya. Epaper koran-koran besar sebenarnya sudah berbentuk elektronik juga cuma belum bisa didownload saja. Buku-buku bahasa asing baik untuk kuliah maupun bacaan lainnya gampang untuk diunduh. Cadi sepertinya masa depan iPad sangat cerah.

Hal inilah yang akan menajdi berkah bagi pemburu buku-buku elektronik, dengan banyaknya ebook beredar artinya untuk mendapatkan buku bermutu gratis bukan suatu yang sulit. Jadi bisa jadi toko buku akan sepi kecuali jika penerbit dalam negeri tetap tidak mau buat versi pdf-nya. Dunia buku lambat laun akan berubah.

Komentar