Fenomena Dibalik Duren 5000an yang Makin Laris

Hampir tiap hari saya lewat jalan pasar minggu raya sekitar volvo sekitarnya. Tidak heran jika diemperan jalan kita bisa melihat kardus tergantung tulisan 5000 dibawah tumpukan duren-duren yang menantang hidung yang mendekatinya. Setiap hari juga saya perhatikan duren-duren tersebut selalu baru, berati dalam sehari gunungan duren itu habis terjual.

Rejeki nomplok bagi pedagang duren. Tapi kenapa duren 5000an yang laku? Saya pernah lihat duren-duren bangkok yang besar-besar yang dijual di daerah saya Tanjung Priok tepatnya daerah Kramat Raya, ternyata kurang begitu laku. Apakah daya beli kita memang baru mampu beli duren 5000an? Kalau memang demikian (perlu dibuktikan secara empirik), saya jadi berpikir teori ekonomi dasar dimana ada demand pasti ada supply. Dimana durian kecil laku terjual, ngapain petani duren report-report membesarkan buah duren. Jalan pikiran yang terbalik bukan. Jika untungnya sama ngapain tanam duren unggul, wong duren kecil-kecil dengan rasa biasa saja sekarang sedang booming.

Entah ini hanya pikiran saya yang belum benar atau memang begitu, yang jelas petani akan menyesuaikan dengan permintaan pasar. Benar tidak???

Komentar