Awas Jakarta Bisa Banjir Lagi

Hari Jumat, Gubernur DKI sudah instruksikan warga Jakarta khususnya di sekitar bantaran sungai Ciliwung untuk segera mengungsi (detikcom), karena Bogor seharian katanya dilanda hujan lebat dan ketinggian air di Katulampa melebihi ambang batas wajar. Dan Benar sekali, banjir mendatangi jakarta dini hari sampai pagi ini (detikcom).

Parahnya lagi saat ini Jakarta hujan dari pagi sampai tulisan ini dibuat, malah menurut detikcom pintu manggarai sudah melebihi ambang wajar, sehingga Jakarta Siaga 3. Saya masih melihat kali sunter yang terbentang dari Cempaka Putih sampai Koja Jakarta Utara masih normal, sepertinya belum terimbas kiriman air dari Bogor. Tapi dengan hujan yang lebat seperti ini, sebentar lagi kali ini juga penuh. Kita berdoa saja tidak ada pasang naik di Laut Jawa, jika ini terjadi Jakarta Utara sebagian akan terendam.

Saat ini adalah ujian bagi Pemda DKI, dengan adanya pembangunan Banjir Kanal Timur yang katanya sudah tembus laut, harusnya banjir saat ini bisa sedikit terkendali. Kita lihat saja, apakah banjir kanal timur bisa menjadi harapan warga Jakarta sekarang?

Komentar