Dinsos DKI Memburu Pengemis

Bulan puasa ini pengemis mulai membanjiri DKI Jakarta, mungkin juga dikota lainnya juga punya fenomena yang sama. Mereka mengharapkan belas kasihan orang sekaligus memanfaatkan momen puasa dimana banyak orang yang bersedekah. Tetapi dengan tegas MUI mengharamkan kegiatan mengemis ini karena ternyata tidak membawa berkah sama sekali, malahan merusak mental mereka.

Saat ini Dinas Sosial berhasil menjaring 200 pengemis di jalanan Ibu Kota, mereka ditampung di Panti Sosial DKI Jakarta. Kebanyakan mereka datang dari luar kota. Inilah wajah kemiskinan di Indonesia yang sulit sekali diberantas. Mereka seperti sudah turun temurun menjadi pengemis, karena mentalnya juga sudah mengemis. Balita dan anak-anaknya tanpa ada akses ke pendidikan, hidupnya dihabiskan di jalanan. Resiko hidup mereka sangat tinggi, kehidupan jalanan yang kotor, kejam dan berbahaya menjadi teman sehari-hari.

Mungkin ini juga bisa menyadarkan kita, bahwa rejeki yang akan kita sumbangkan sebaiknya disalurkan kepada pihak yang tepat dan terpercaya. Karena toh, pahala yang diterima tidak ada bedanya!

Komentar